Sabtu, Oktober 8, 2022
Google search engine
BerandaNasionalCara Desa Muara Baru Mencegah Penyebaran Covid 19

Cara Desa Muara Baru Mencegah Penyebaran Covid 19

Hampir tiga bulan berlalu wabah Covid-19 menyerang Indonesia. Penyebaran yang terbilang mudah dan cepat mendorong pemerintah menerapkan sejumlah kebijakan terkait Social Distancing.

Penerapannya sendiri berjalan di semua lapisan masyarakat. Mulai dari pejabat tingkat pusat, daerah sampai pada tingkatan relawan di tengah masyarakat. Seperti yang dilakukan warga di Desa Muara Baru, Kecamatan Pemulutan, Sumatera Selatan.

Warga desa yang berada di wilayah Kabupaten Ogan Ilir itu mengerahkan pemuda untuk berjaga-jaga di pintu masuk desa. Mereka melakukan pengawasan keluar-masuk wilayah desa.

Sebelum masuk, warga setempat dan pengunjung diwajibkan cuci tangan pada tempat yang sudah disediakan. Sementara di pos penjagaan terpasang spanduk himbauan seputar penanganan Covid 19.

Suasana seperti ini sudah berjalan sekitar tiga pekan seiring semakin mewabahnya Covid 19. Meski demikian dalam pelaksanaannya tidak ada pemaksaan yang sangat ketat.

“Untuk warga yang datang dari ladang tidak disemprot, mereka hanya disuruh cuci tangan. Mau Alhamdulillah kalau tidak mau juga tidak apa-apa,” ujar Leni Oktarina anggota Karang Taruna setempat disela-sela menjaga pos kepada Media Guna.

Laporan Kontributor Media Guna : Mita Yuliana

RELATED ARTICLES

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments