Menkes Setujui PSBB Kota Palembang

2
361

Selain Kota Prabumulih, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr. Terawan Agus Puntranto akhirnya juga menyetujui usulan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Palembang, Sumatera Selatan.

“Rekomendasi dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Pusat, melanjutkan rekomendasi kepada Pemerintah Pusat terkait pengajuan PSBB untuk Kota Palembang telah disetujui.” Ujar Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru.

Seperti diketahui, Walikota Palembang H Harnojoyo sudah mengusulkan PSBB ini kepada Gubernur Sumsel satu Minggu lalu.

Data Gugus Tugas Sumsel mencatat, Kota Palembang hingga 12 Mei 2020 telah ditemukan 151 kasus positif COVID-19, dengan kasus sembuh 47 orang dan meninggal satu orang.

Kota berpenduduk 1,6 juta jiwa tersebut menjadi zona merah dalam 25 hari, atau terhitung sejak kasus pertama muncul pada 24 Maret hingga dinyatakan zona merah pada 17 April.

Pengajuan ini dilakukan setelah melihat sebaran paparan Covid-19 yang sekarang sudah ada di 18 Kecamatan Kota Palembang. Kemudian, banyaknya transmisi lokal serta adanya tenaga medis yang terpapar.

Keputusan Menteri Kesehatan menjawab rekomendasi Gubernur Sumsel Herman Deru. Ini mengacu pada Keputusan Menkes RI, Nomor HK 01.07/Menkes/307/2020.

Dalam SK tersebut disebutkan, Pemkot Palembang wajib menerapkan PSBB sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan terus mensosialisasikan pola hidup bersih dan sehat.

Laporan Kontributor Media Guna: Mita Yuliana

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini