Jumat, Desember 9, 2022
Google search engine
BerandaKeuanganPernah Ada! Fenomena Salju di Gurun Sahara

Pernah Ada! Fenomena Salju di Gurun Sahara

Benarkah pernah ada turun salju di gurun sahara?, Terdengar tidak mungkin, tapi memang faktanya gurun sahara pernah turun hujan salju. Bahkan, salju telah turun kembali di Gurun Sahara untuk ketiga kalinya, di Ain Sefra, Aljazair, pada Minggu (7/1) dan mulai melapisi perbukitan di sejumlah wilayah itu hingga mencapai ketebalan 40 sentimeter.

Fenomena salju turun di Gurun Sahara, memang telah sudah sejak lama terjadi. Meskipun aneh, fenomena salju turun di kawasan padang pasir adalah hal yang tidak biasa, namun menurut ahli peristiwa itu bukan hal yang jarang didengar.

Menurut para peneliti, salju turun di Sahara dikarenakan perubahan ekstrim iklim dunia. Situasi perubahan iklim seperti panas sepanjang tahun di negeri 4 musim, musim dingin yang juga panjang di Amerika Utara, dan juga turunnya salju di gurun Sahara merupakan efek fenomena yang tidak wajar terjadi.

Para ahli memberikan kesimpulan bahwa efek pemanasan global menjadi biang perubahan iklim yang ekstrim akhir-akhir ini. Meskipun menurutnya, saat ini cukup sulit untuk menentukan peran dari perubahan iklim dalam satu peristiwa cuaca, tetapi bidang keilmuan yang ada mungkin bisa menjelaskan fenomen tersebut.

Salju turun di Ain Sefra, Aljazair, pada Minggu (7/1) dan mulai melapisi perbukitan di sejumlah wilayah itu hingga mencapai ketebalan 40 sentimeter. Ini merupakan yang ketiga kalinya selama 40 tahun terakhir.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments