Kamis, Agustus 18, 2022
Google search engine
BerandaIni Alasan Kenapa Ada Beberapa Lagu Bertahan di Memori Kita

Ini Alasan Kenapa Ada Beberapa Lagu Bertahan di Memori Kita

Tenyata pikiran kita mampu menangkap lagu dengan irama yang catchy, tanpa diinginkan. Fenomena itu dalam dunia psikologi disebut earworm atau brainworm atau stuck song syndrome.

JAKARTA-Meski telah berusia dewasa bahkan paruh baya, ada saatnya kita tiba-tiba mengingat nada sebuah lagu yang sepertinya pernah kita dengarkan saat masih anak-anak atau beranjak dewasa.

Misalkan saja jamu sedang belanja di mall, kemudian terdengar lagu yang diputar di mal tersebut. Secara tak sadar kamu pun bersenandung mengikuti nada lagu tersebut dengan tepat. Atau, saat sedang bekerja, menasak, atau mengerjakan rutinitas lain, kamu suka bersenandung sebuah lagu yang kamu mungkin lupa siapa yang menyanyi atau judulnya, hanya mendengarkan dari suatu tempat.

Nyatanya, pikiran kita mampu menangkap lagu dengan irama yang catchy, tanpa diinginkan. Nah, fenomena itu dalam dunia psikologi disebut earworm atau brainworm atau stuck song syndrome.  

Setelah menganalisis ribuan orang yang mengalami sindrom tersebut, psikolog musik menyimpulkan bahwa sebuah lagu kemungkinan besar akan melekat di benak kamu karena tiga alasan dasar yaitu jika itu up tempo, memiliki melodi yang familier dan memiliki pola interval yang menarik.

 Ketiga hal itu juga merupakan faktor yang membuat sebuah lagu menjadi populer dan hit. Lagu-lagu populer lebih cenderung menjadi earworm karena kamu sering mendengarnya. Bukan hanya nada, tapi juga emosi sebuah lagu turut berperan membuatnya menjadi catchy.

Sebuah lagu bisa disebut sebagai earworm bila memiliki suatu korelasi dengan kondisi kita sekarang. Jika lagi merasa down, kamu mungkin akan mendengarkan lagu-lagu sedih. Sebaliknya, saat merasa energik, kamu akan mendengarkan lagu berirama cepat. Itu semua terjadi karena berbagai hal yang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.  Otak kita berhubungan dengan lirik lagu, itu mengingatkan kita pada suatu peristiwa atau tempat khusus dan kita secara tidak sadar mulai mengulanginya.  

Sebuah lagu dapat memicu pikiran dalam banyak cara dan karena itu otak kita terus mengulangi lagu itu lagi dan lagi.  Ini semua adalah proses yang tidak disengaja dan kamu tidak memiliki peran apa pun di dalamnya.  Kamu tidak dapat mengontrolnya atau menyingkirkannya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments